Home » , , , » 10 Fakta tentang hiu Megalodon

10 Fakta tentang hiu Megalodon

Written By Unknown on Kamis, 28 Agustus 2014 | 02.14


www.sharingtipstrick.com-Hiu merupakan hewan karnivora pemakan daging tertinggi di puncak rantai makanan,hiu juga bisa di sebut sebagai raja lautan,hiu juga bisa di sebut sebagai pemangsa paling mematikan dan paling besar di dunia lautan.itu salah satu yang membuat pringkat ikan hiu di puncak kejayan sebagai predator lautan.

mungkin bayak di anatara kalian yang mengetahui berbagai jenis hiu yang ada di lautan,kali ini saya ingin membagi Fakta Fakta tentang hiu prasejarah yaitu Hiu Megalodon, mungkin kalian ada yang mengetahui tentang Hiu Megalodon tapi ada juga yang belum mengetahui tentang hewan yang satu ini.

Hiu Megalodon adahalah spesies ikan hiu purba yang hidup di jaman prasejarah hidup sekitar 20 sampai 1,2 juta tahun yang lalu,hewan ini sangat besar mampu mencapai besar kapal pesiar,Hiu Megalodon namanya sendiri di artikan sebagai"gigi yang besar",Hiu Megalodon hidup di perairan dalam ia muncul ke permukaan di waktu mencari mangsa saja.

isu yang tersebar hewan ini masih hidup namun belum pernah di temukan dalam keadan hidup,namun bayak dari kalangan ilmuan yang menyakini bahwa hewan ini masih hidup,pada jamannya Hiu Megalodon menjadi raja di lautan.

Berikut ini 10 fakta tentang Hiu Megalodon

1.Gigi Hiu Megalodon sebesar 7 inci

Hewan ini di beri nama julukan"Gigi Besar" di karenakan memang giginya yang besar berukuran 7 inci,bergerigi dan berbentuk hati ( dengan bandingan besaran Hiu Putih hanya 3 inci )
perbandingan hiu megalodon dengan hiu jaman sekarang

2.pernah di gambarkan sebagai "batu lidah"

karena hiu selalu menghasilkan giginya selama hidupnya terus menerus,gigi Hiu Megalodon sudah di temukan di seluruh dunia dari berbagai zaman,barulah pada abad ke 17 seorang dokter istana bernama Nicholas Stone mengidentifikasi "batu lidah "seperti gigi hiu,dengan alasan inilah para ahli menjuluki Nicholas Stone sebagai ahli paleontologi pertama di dunia.
Nicholas Stone sebagai ahli paleontologi pertama di dunia.
3.Hiu Megalodon memiliki gigitan terkuat sebagai mahluk yang pernah hidup

Pada tahun 2008, sebuah tim peneliti gabungan dari Australia dan AS menggunakan simulasi komputer untuk menghitung kekuatan menggigit Megalodon itu. Hasil hanya dapat digambarkan sebagai menakutkan: sedangkan Besar chomps Shark modern yang putih dengan sekitar 1,8 ton kekuatan (dan singa dengan £ 600 wimpy atau lebih), Megalodon chowed di mangsanya dengan kekuatan antara 10,8 dan 18,2 ton - cukup untuk menghancurkan tengkorak ikan paus prasejarah semudah anggur.
foto perbandingan gigitan Hiu Megalodon

4.panjang Hiu Megalodon lebih dari 60 kaki (18 meter)

panjang dari Hiu Megalodon di ketahu dari ribuan gigi tetapi hanya tersebar dari beberapa tulang,sekitar beberapa 1 abad yang lalu para ahli panleontologi telah memperkirakan ( terutama didasarkan dari ukuran gigi dan analogi hiu moderen yaitu Hiu Putih besar ) mulai dari 40 sampai 100 kaki.
perkiran panjang hiu megalodon

5.berat Hiu Megalodon lebih dari 100 ton jauh lebih besar di banding hewan purba seperti Liopleurodon.

kehidupan samudra yang alami memungkinkan "predator TOP"untuk tumbuh dengan ukuran lebih besar tetapi tidak ada yang lebih besar dari pada Hiu Megalodon,para reptil raksaksa dari masa era Mezosoic seperti Lioplorodon dan Kronosaurus hanya mencapai berat 30 sampai 40 ton dan hiu moderen seperti White shark hanya mencapai 3 ton tetapi Hiu Megalodon outclass dan paus biru bisa mencapai lebih dari 100 ton.
foto Hiu Megalodon sedang memangsa Lioplorodon

6.di siang hari Hiu Megalodon memangsa paus raksaksa.

meskipun ikan paus lebih besar dari pada Hiu Megalodon secara teknis,ia memakan ikan paus biru,ia menjadi sebagai predator tertinggi di lautan di zaman Pliosen dan Miosen,ia terkadang memakan lumba lumba,cumi cumi,ikan bahkan kura kura raksaksa yang mempunyai cangkang sangat keras,di perkirakan juga memangsa paus leviathan raksaksa.

7.Melumpuhkan buruanya dengan menyerang siripnya terlebih dahulu.

menurut beberapa analis,Hiu Megalodon berburu dengan cara yang berbeda dari hiu moderen,bila hiu moderen menyerang langsung ke badan maksanya namun bagi Hiu Megalodon terlebih dahulu menyerang sirip mangsanya agar tidak mampu lari bisa di buru.

8.keluarga terdekat Hiu Megalodon adalah Hiu White shark ( hiu putih )

foto penyelam di mangsa hiu megalodon

secara teknis Megalodon di kenal dengan  Carcharadon Megalodon yang berarti adalah sepsies (Megalodon) dari jenis yang lebih besar ( carcharadon),dan secara tehnik White Shark juga di kenal dengan Charharadon berarti sama dari jenis Megalodon,namun bayak ahli tidak setuju dengan usulan ini.

9.fosil Megalodon di temukan di seluruh dunia.

tidak seperti predator jama prasejarah yang penemuanya masih terbatas di daerah daerah tertentu,tetapi Megalodon bertempat secara global dia meneror paus dalam di seluruh perairan dunia di jamanya.
foto fosil hiu megalodon

10. tidak ada yang tau kapan Hiu Megalodon punah dan di perkirakan masih hidup.

walaupun menjadi puncak predator di zaman pliosen dan miosen tetapi papara ahli tidak mengetahui kenapa Hiu Megalodon bisa punah,di perkirakan para ahli hiu megalodon punah di puncak zaman es,tetapi beberapa orang masih berfikir kalo hewan ini masih hidup di kedalaman lautan walapun belom di temukanya bukti bahwa hewan ini masih hidup.

mungkin bila hewan ini benar benar masih hidup bisa menjadi ancamana besar di lautan


BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label