Home » , , » 15 pedang legendaris di jamanya

15 pedang legendaris di jamanya

Written By Unknown on Jumat, 19 September 2014 | 01.53


sharingtipstrick.com- 15 pedang legendaris di jamanya .
,Pedang merupakan senjata yang mematikan ketika di gunakan dalam peperangan di jaman dahulu,Pedang adalah senjata utama yang di gunakan ratusan tahun yang lalu.

di dunia ini ada beberapa macam jenis pedang dan berbagai bentuk dan ukuran dan pedang juga menjadi tolak ukur dari suatu pasukan bila semakin kuat dan tajam pedang makan dengan mudah juga pedang itu mampu mengalahkan musuh musuh di dalam peperangan.

kali ini saya akan berbagi 15 pedang legendaris yang tersohor di jamannya

1.Pedang Zulfikar

pedang Zulfikar
pedang Zulfikar

pedang ini di gunakan oleh Ali bin Abutolib sahabat sekaligus menantu Nabi Muhammad yang di gunakan dalam berbagai peperangan membela islam,Dalam sejarah islam, sahabat Ali bin Abi Talib memiliki peran yang sangat besar. Ia dikenal sebagai salah satu pendekar islam yang cerdas. Ali dilahirkan pada Jumat, 13 haribulan Rajab, 12 tahun sebelum Rasulullah SAW menerima wahyu pertamanya.

Selain dua hal itu, yang selalu melekat dengan sosok Saidina Ali adalah pedangnya yang bermata dua yang dinamakan pedang Zulfikar.
Pedang bermata dua ini memiliki simbol jihad dan juga keberanian Saidina Ali dalam menegakkan kebenaran. Keberaniannya sebagai pendekar terbukti dalam perang Uhud, di mana saat pasukan islam terpukul hebat saat itu Saidina Ali lah yang paling gigih melindungi Rasulullah, hingga terdengar suara malaikat Jibril berkata “Tiada pedang selain Zulfikar dan tiada pahlawan selain Ali”

Pedang tersebut awalnya milik Nabi Muhammad SAW, yang kemudian diberikan kepada Saidina Ali. Sebagian ulama mengatakan bahwa pedang tersebut adalah Raja segala Besi. Setelah Ali terbunuh pedang tersebut ikut lenyap dan ada riwayat mengatakan pedang Zulfikar akan kembali muncul di akhir zaman. Saidina Ali wafat pada 17 Ramadhan tahun 40 Hijriyah.

dan belum lama ini pedang itu telah di temukan di sebuah gua oleh seorang pemuda di yaman dan di temukan juga bersamanya sebuah alquan kecil yang di kelaim sebagai alquran tertua di dunia.

2.Pedang Damasqus

Pedang Damasqus

Inilah Pedang Damaskus, terbuat dari baja yg diolah dengan teknik khusus sehingga bisa memiliki permukaan yg sangat kuat dan tajam. 
Para ahli pedang mengatakan bahwa pedang ini lebih tajam dari katana.
Pedang ini dipakai pada era perang salib.

Pasukan Eropa sangat takut  oleh pedang-pedang yg dimiliki oleh pasukan Arab dan Persia ini. Pedang mereka dengan mudah menembus baju zirah pasukan crusader, bahkan mampu membelah tameng.

Teknik pembuatan pedang ini begitu rahasia sehingga hanya beberapa keluarga pandai besi di Damascus saja yang menguasainya, ini juga sebabnya teknik pembuatan baja Damascus akhirnya punah.

Hingga kini teknologi metalurgi yang paling canggih pun belum mampu membuat pedang yang lebih tajam dari Pedang Damascus. Pedang Damascus adalah pedang yg paling tajam di dunia, lebih tajam daripada Katana Jepang maupun Keris Indonesia.

Selain kuat, baja Damascus juga sangat lentur sehingga betul-betul sempurna untuk dijadikan pedang atau pisau.

Pedang ini mampu membelah sutera yang dijatuhkan ke atasnya, juga mampu membelah pedang lain atau batu tanpa mengalami kerusakan sama sekali.
Sebuah penelitian mikroskopik menemukan bahwa pedang ini ternyata memiliki semacam lapisan kaca dipermukaannya.

Bisa dikatakan para ilmuwan muslim di timur tengah telah mencapai teknologi nano sejak seribu tahun yg lalu.

Beberapa ahli metalurgi modern mengaku berhasil membuat baja yg sangat mirip dengan baja Damascus , namun tetap belum berhasil meniru 100%.

Teknik pembuatan Pedang Damascus termasuk salah satu pengetahuan Islam yg terhilang.
Pedang, Tombak, dan Pisau Damascus yang tersisa kini tersebar di berbagai Museum di seluruh dunia.

3.Pedang Joyeuse


Pedang Joyeuse

Charlemagne adalah seorang pria yang lahir sekitar tahun 742. Dia adalah salah satu penguasa terbesar dalam sejarah dunia dan menjadi Raja kaum Frank pada 768. Pada 800 ia diangkat Kaisar Roma, posisi yang dipegangnya selama sisa hidupnya. Dalam Kekaisaran Suci Romawi ia dikenal sebagai Charles I dan adalah Kaisar Romawi Suci pertama. Selama masa Charlemagne ia memperluas kerajaan Frank menjadi sebuah kekaisaran, yang menutupi sebagian besar Barat dan Eropa Tengah. Charlemagne dianggap sebagai bapak pendiri baik monarki Perancis dan Jerman, serta bapak Eropa.
Joyeuse adalah nama pedang pribadi Charlemagne. Saat ini, ada dua pedang dikaitkan dengan Joyeuse. Salah satunya adalah pedang yang disimpan di Schatzkammer Weltliche di Wina, sementara yang lain ditempatkan di Louvre di Perancis. Pisau nya dipajang di Louvre mengklaim sebagian dibangun dari pedang asli Charlemagne. Pedang terbuat dari bagian-bagian dari abad yang berbeda, sehingga menjadi sulit untuk mengidentifikasi senjata itu sebagai Joyeuse. Gagang pedang menunjukkan tanggal pabrik sekitar waktu Charlemagne. The memukul emas terpahat dibuat dalam dua bagian dan cengkeraman emas panjang pernah dihiasi dengan berlian.
pedang Charlemagne muncul dalam banyak legenda dan dokumen sejarah. Bulfinch’s Mitologi dijelaskan Charlemagne menggunakan Joyeuse untuk memenggal komandan Saracen Corsuble serta ksatria temannya Ogier Dane. Setelah kematian Charlemagne, pedang itu dimiliki Basilika Saint Denis dan kemudian dibawa ke Louvre setelah dilakukan prosesi Coronation untuk raja-raja Perancis.

4.Pedang Honjo Masamune

Pedang Honjo Masamune

Dari semua pedang Masamune Yang paling terkenal adalah Honjo Masamune, karena pedang ini mewakili Keshogunan selama periode Edo Jepang. Pedang ini diturunkan dari satu Shogun ke Shogun selama beberapa generasi. Pada tahun 1939 senjata itu menjadi harta karun nasional di Jepang, tetapi tetap milik keluarga Tokugawa. Pemilik terakhir yang diketahui dari Honjo Masamune adalah Tokugawa Iemasa. Namun, Tokugawa Iemasa memberikan senjata dan 14 pedang lainnya ke kantor polisi di Mejiro, Jepang, pada bulan Desember 1945.

Namun sayangnya tak lama kemudian yaitu pada bulan Januari 1946, polisi Mejiro memberikan pedang untuk Sgt. Bimore Coldy (US 7th Cavalry). Sejak saat itu, keberadaan Honjo Masamune menjadi misteri. Honjo Masamune adalah salah satu artefak sejarah yang paling penting pada akhir Perang Dunia II.

5.Pedang Mercy

Pedang Mercy

Pedang Mercy adalah senjata yang terkenal yang dulu milik Edward Confessor. Edward Confessor adalah salah satu raja Anglo-Saxon terakhir Inggris sebelum Penaklukan Norman dari 1066. Ia memerintah 1042-1066 dan pemerintahannya telah ditandai oleh runtuhnya disorganisasi  kekuasaan kerajaan di Inggris. Tak lama setelah kematian Edward Confessor, para Normandia mulai memperluas ke Inggris, dipimpin oleh William sang Penakluk.

Pedang Mercy memiliki pisau patah, yang memotong pendek dan persegi. Pada tahun 1236, senjata itu diberi nama curtana dan sejak itu digunakan untuk upacara kerajaan. Pada zaman kuno itu adalah suatu kehormatan untuk menanggung pedang ini sebelum raja. Ini dianggap sebagai isyarat belas kasihan. Cerita sekitar melanggar senjata tidak diketahui, tetapi sejarah mitologis menunjukkan bahwa ujungnya patah oleh seorang malaikat untuk mencegah pembunuhan yang salah.

Pedang Mercy adalah bagian dari Permata Mahkota Kerajaan Inggris dan merupakan salah satu dari hanya lima pedang digunakan selama penobatan raja Inggris. Senjata itu merupakan senjata langka dan salah satu dari hanya sejumlah kecil pedang untuk bertahan hidup pada masa pemerintahan Oliver Cromwell. Selama penobatan di Inggris, Pedang Mercy adalah pedang yang dipegang oleh raja untuk melimpah kan kehormatan pada ksatria

6.Pedang Napoleon Bonaparte

Pedang Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte adalah pemimpin militer Perancis yang berperan penting dalam Revolusi Perancis, kemudian menjadi pemimpin Perancis sebagai Konsul Pertama Republik perancis (11 November 1799 - 18 Mei 1804), kemudian Kaisar Perancis dan Raja Italia dengan nama Napoleon I (18 Mei 1804 - 6 April 1814, dan kemudian tanggal 20 Maret - 22 Juni 1815).

Tak ada yang tahu apa nama pedang itu  pastinya, yang jelas senjata termahal di dunia merupakan pedang berlapis emas milik Napoleon Bonaparte, sang pimpinan politik dan militer ternama di Prancis. Pedang tersebut pernah dilelang dan berhasil terjual seharga US$ 6,5 juta atau Rp 76,22 miliar (estimasi kurs Rp 11.725 per dolar AS).

Selama lebih dari 200 tahun, pedang milik Napoleon dijaga anggota keluarganya secara turun temurun. Dianggap sebagai salah satu harta berharga milik negara. Pada 1978, pedang tersebut akhirnya dapat dimiliki pembeli asing.

Kabarnya, pada 2007, senjata bersejarah tersebut kembali dijual di sebuah rumah lelang di Prancis. Berapa harganya dan siapa pemilik pedang tersebut sekarang? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Denver Post, World Leaks, NBC, dan sejumlah sumber lain, Senin

7.Pedang Tizona


Pedang Tizona

El Cid adalah seorang pria yang lahir sekitar tahun 1040 di Vivar, yang merupakan kota kecil sekitar enam mil utara Burgos, ibukota Castile . Kerajaan Kastilia adalah salah satu kerajaan abad pertengahan di Semenanjung Iberia. Selama hidupnya El Cid menjadi pemimpin militer yang sukses dan diplomat. Ia diangkat menjadi ketua umum tentara Alfonso VI dan menjadi pahlawan Spanyol. El Cid adalah aset raja paling berharga dalam perang melawan bangsa Moor. Dia adalah ahli strategi militer yang terampil dan ahli pedang yang kuat.
El Cid memiliki pedang yang berbeda dalam hidupnya, tetapi dua yang paling terkenal adalah Colada dan Tizona. Tizona adalah pedang yang digunakan oleh El Cid untuk melawan bangsa Moor. Senjata itu merupakan salah satu peninggalan yang paling dihargai di Spanyol dan diyakini telah ditempa di Cordoba, Spanyol, walaupun mata pedangnya dibuat dari baja Damascus. baja Damaskus terutama digunakan di Timur Tengah. Tizona adalah 103 cm/40.5 inci panjang dan berat 1,1 kg/2.4 pound. Ini berisi dua prasasti yang terpisah, dengan satu daftar tanggal pabrik 1002 dan yang lainnya mengutip doa Katolik Ave Maria. Tizona saat ini dipajang di Museo de Burgos di Spanyol.

8.Pedang William Wallace

Pedang William Wallace

William Wallace adalah seorang pahlawan Skotlandia yang paling disegani selama perang kemerdekaan Skotlandia di akhir abad ke-13. William Wallace mempunyai sebuah pedang yang sangat legendaris, dan menurut legenda, pedang tersebut memiliki sarung yang terbuat dari kulit manusia.

Pedang William Wallace sekarang disimpan di National Wallace Monument dan telah mengalami perbaikan berkali-kal

9.Pedang Tujuh Cabang (Seven Branched Sword)


Pedang Tujuh Cabang (Seven Branched Sword)

Di Barat daya Korea, terdapat sebuah kerajaan kuno pada masa dinasti Baekje. Pada masa jayanya pada abad ke-4, Baekje menguasai beberapa koloni di Cina dan sebagian besar Semenanjung barat Korea. Pedang Bercabang Tujuh diyakini diciptakan dan diberikan kepada raja sebagai tanda penghormatan pada 372, setelah Raja Geunchogo membayar upeti kepada Eastern Jin.

Pada 1945, sebuah pedang misterius ditemukan di Kuil Isonokami, Jepang. Pedang itu memiliki bentuk yang sangat aneh, 6 cabang di sisi dan ujungnya sebagai cabang ketujuh. Pedang ini sendiri memiliki tulisan yang terukir sepanjang tubuhnya, sayangnya kondisinya sudah sangat buruk. Pedang ini masih dapat dilihat di Kuil Isonokami, Prefektur Nara, Jepang.

Yang dapat diketahui dari tulisan itu adalah pedang ini dibuat dari baja yang dikeraskan 100 kali, dengan pedang ini akan mengalahkan 100 tentara, dan cocok untuk raja yang bijak. Pedang ini merupakan bukti nyata dari keberadaan Permaisuri Jingu, Permaisuri yang berkuasa pada tahun 201 dan dikatakan membawa kemenangan melawan Korea. Tidak ada yang tahu apa maksud jelas dari bentuk unik pedang ini. 

10.Pedang Melengkung San Martin

Pedang Melengkung San Martin

José de San Martín adalah seorang jenderal dari Argentina yang terkenal atas perjuangannya dalam membebaskan Amerika Selatan dari belenggu penjajahan Spanyol. Ia dilahirkan pada tahun 1778 dan meninggal dunia pada tahun 1850. San Martín adalah pahlawan besar bagi rakyat Amerika Selatan khususnya Peru. Di bawah pimpinan San Martín, kemerdekaan Peru secara resmi dideklarasikan pada tanggal 28 Juli 1821.

José de San Martín mengklaim bahwa pedang tersebut adalah salah satu harta paling berharga yang ia miliki. Pedang melengkung tersebut ia beli di London, ia merasa kagum akan desain pedang tersebut yang menyerupai bulan sabit, desain tersebut menurutnya adalah desain yang ideal untuk digunakan dalam pertempuran dan faktor lainnya adalah harga pedang yang tergolong murah yang akan berefek pada minimnya biaya perang. Pedang melengkung tersebut terus berada bersama San Martín hingga ia meninggal dunia, selanjutnya pedang tersebut diturunkan ke Jenderal Republik Argentina, Don Juan Manuel de Rosas.
Dalam wasiatnya, San Martín menyebut pedang tersebut sebagai "pedang yang telah menemani saya selama Perang Kemerdekaan Amerika Selatan." Pada tahun 1896 senjata itu dikirim ke Museum Sejarah Nasional di Buenos Aires di mana ia tetap tersimpan baik hingga hari ini.


11.Pedang Excalibur

Pedang Excalibur


Excalibur adalah pedang Raja Arthur, menurut legenda memiliki kekuatan ajaib dan memberinya hak memerintah Inggris. Kadang Excalibur dan Sword in the Stone (bukti keturunan Arthur) dianggap sebagai senjata yang sama, namun dalam banyak versi keduanya dianggap berbeda. Dalam bahasa Wales pedang ini bernama Caledfwlch.

Nama Excalibur berasal dari bahasa Perancis kuno Excalibor, yang berasal dari bahasa Latin Caliburnus. Dalam legenda Arthur, ada dua cerita mengenai asal pedang ini. Yang pertama adalah legenda "Sword in the Stone", pertama muncul dalam puisi Robert de Boron Merlin, di mana Excalibur hanya dapat ditarik dari batu oleh orang yang berhak menjadi raja, yaitu Arthur. Dalam versi kedua, yang muncul dalam Suite du Merlin, Arthur menerima Excalibur dari Lady of the Lake setelah pedang pertamanya rusak dalam pertempuran melawan raja Pellinore.


12.Kusanagi no tsurugi


Kusanagi no tsurugi


Pedang ini semula bernama ama-no-murakumo-no-tsurugi (pedang awan surga) tapi namanya kemudian diubah menjadi lebih populer dan lebih nyata yaitu kusanagi-no-tsurugi (pedang pemotong rumput). Kusanagi-no-tsurugi adalah pedang legendaris di jepang dan merupakan salah satu dari tiga tanda kerajaan jepang.

Menurut catatan sejarah, pedang ini dibuat untuk yamato takeru, yang memimpin dalam perang padang rumput terbuka pada masa pemerintahan kaisar XII, . Musuhnya merencanakan pembunuhan yamato dalam rerumputan.

Dalam keputusasaannya, yamato mulai memotong rumput yang berkobar dengan pedangnya tersebut dan ia sungguh takjub karena pedang tersebut mampu mengendalikan angin. Dengan menggunakan kekuatan pedang ini, yamato membabat habis musuh-musuhnya dan mengalahkan mereka. Setelah yamamoto tewas dalam sebuah pertempuran besar tahun 1371, pedang ini hilang di laut.


13.Shamshir-e Zomorrodnegar “Pedang bertabur zamrud ”


Shamshir-e Zomorrodnegar “Pedang bertabur zamrud ”


Shamshir-e Zomorrodnegar “Pedang bertabur zamrud ” adalah pedang dalam legenda Persia Amir Arsalan. Ibu penyihir dari setan bertanduk mengerikan yang disebut-zereh Fulad pesona digunakan untuk membuat tubuh Fulad-zereh’s kebal semua senjata kecuali pukulan pedang khusus yang disebut Shamshir-e Zomorrodnegar.

pisau ini awalnya milik Raja Salomo, dan hati-hati dijaga oleh Fulad-zereh, bukan hanya karena itu adalah senjata yang berharga, dan memang satu-satunya senjata yang bisa membahayakan setan, tetapi juga karena memakai itu adalah pesona terhadap sihir. Sebuah luka yang diakibatkan oleh pedang ini hanya bisa diobati dengan ramuan khusus yang dibuat dari sejumlah bahan, termasuk otak Fulad-zereh’s.


14.Pedang Glory of ten powers

Pedang Glory of ten powers

Glory of ten powers yang diciptakan di tibet oleh pasangan suami isteri penyihir adalah salah satu pedang legendaris cina. Cinta dari pasangan ini saat membuat pedang magis menyebabkan semangat besar masuk kedalam pedang ini. Pedang ini akan melindungi pemakainya dengan kekuatan sihir.

Ada yang mengatakan pedang ini diambil dan dibakar oleh musuh-musuh keluarga dan pedangnya dibuat menjadi jimat ajaib. Dalam karya Tang Hao tahun 1930-an disebutkan pedang tersebut dimiliki oleh Hua Tuo, dokter Cina terkenal yang hidup pada Zaman Tiga Kerajaan. sastra Cina dipenuhi dengan referensi jimat ini persis sepertii karya bahasa Inggris sering menyebutkan Excalibur. 


15.Peudeung On Jok

Peudeung On Jok

Peudeung adalah pedang dalam bahasa aceh. On jok adalah daun ijuk. dinamakan demikian karena pedang ini menyerupai daun ijuk panjang dan lebar.

Pedang On Jok adalah salah satu senjata asli aceh yang populer dikalangan pejuang aceh untuk mempertahankan marwah bangsa di masa penjajahan. Pedang ini dibuat dan di tempa dengan sangat baik. Butuh waktu lama membuat pedang luar biasa seperti ini.


sumber :peutrang.blogspot.com, google.com ,id.wikipedia.org ,www.tercengang.net


BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label