Home » , , » Pakai Sinar-X, Peneliti Intip Isi Tubuh Mumi

Pakai Sinar-X, Peneliti Intip Isi Tubuh Mumi

Written By Unknown on Senin, 26 Mei 2014 | 14.52


Pakai Sinar-X, Peneliti Intip Isi Tubuh Mumi

LONDON - Peneliti mengungkap isi tubuh mumi Mesir. Mumi ini merupakan Tamut, seorang pendeta yang hidup dan mati di Mesir kuno pada 900 sebelum masehi.
Dilansir Newscientist, Jumat (23/5/2014), kini Anda bisa melepas pakaian mumi, mengupas kulitnya dan melihat apa yang dalam tubuh mumi secara virtual. Menggunakan pemindaian CT high-definition, peneliti mengungkap rincian informasi mengenai mumi tersebut.

Melalui analisis pemindaian CT, peneliti mengungkap bahwa mumi tersebut memiliki radang jaringan tubuh (abses) di bagian rahang. Selain itu, peneliti menemukan plak lemak yang memenuhi bagian arteri atau pembuluh darah.
Dengan lemak yang menyumbat arteri ini, maka tinggi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Pemindaian CT juga mengungkap, mumi ini memiliki amulet (jimat) yang menunjukan status pemiliknya semasa hidup.

Pakai Sinar-X, Peneliti Intip Isi Tubuh Mumi
Mumi ini menyimpan benda semacam lempengan di bagian perut kirinya. Lempengan tersebut diletakkan di dalam tubuh, menggantikan organ internalnya yang dilakukan oleh pembalsem setelah proses sayatan.
Bagian matanya juga telah diisi dengan mata buatan yang terbuat dari kaca atau batu. Visualisasi ini dibuat untuk dipamerkan pada sebuah event di British Museum, London. Untuk menyaksikan gambar bagian tubuh mum.(okezone.com)


BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label

Arsip Blog