Home » » 7 olahraga unik di dunia

7 olahraga unik di dunia

Written By Unknown on Selasa, 20 Mei 2014 | 03.20


7 olahraga unik di dunia

olah raga memang membuat badan kita sehat dan bugar,berbagai macam olahraga yang di lakukan orang di dunia dan bermacam macam jenisnya mungkin selama ini olahraga yang kita lakukan biasa biasa saja bagai mana kalo olahraga yang berbeda dari yang biasa kita lakukan,dan saya akan memberikan beberapa jenis olah raga yang berbeda dari yang lain mungkin bisa di bilang unik.
1 cheassboxing ( catur tinju )

Jika ada yang tanya, apa nama olahraga yang tidak akan bisa membuat cedera, lelah dan letih? Catur adalah jawabannya. Kebanyakan yang menyukai olahraga catur ialah kalangan-kalangan orang tua yang memang setiap harinya hampir dihabiskan untuk bermain catur bersama rekan-rekannya. Namun saat ini, catur sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Tidak hanya orang tua, anak-anak sudah banyak yang menggandrungi catur. Lain halnya dengan olahraga Tinju. Olahraga yang berciri khas adu jotos tersebut tidaklah sembarang orang bisa melakukannya. Perlu teknik khusus yang harus dikuasai agar bisa bertinju. Oleh karena itu jenis olahraga ini hanya bisa dimainkan oleh seorang atlet saja. Namun bagaimana jika 2 olahraga tersebut digabung menjadi 1 olahraga unik dan menarik?
Dibelahan dunia yang lain, ternyata ada sebuah olahraga unik yang bernama ChessBoxing. Jenis olahraga tersebut merupakan sebuah penggabungan antara catur dengan tinju dimana untuk memainkannya ada aturan ronde yang dilakukan secara bergantian dan tempatnya diatas ring seperti olahraga tinju pada umumnya. Jika anda melihat langsung olahraga ChessBoxing ini maka yang muncul adalah ini merupakan olahraga yang benar-benar unik. Dalam aturan permainan ChessBoxing, seorang peserta memang wajib menjadi 2 keterampilan diantara menjadi pemain catur dan pemain petinju. Karena saking uniknya, ChessBoxing semakin popular di Negara-negara berkembang seperti Los Angeles, Australia, Berlin, London dan Siberia.
Pada pertandingan ChessBoxing tersebut terdiri dari 11 ronde yang sudah ditentukan oleh panitia lomba. Dari 11 ronde tersebut dilakukan berbolak-balik antara catur dan tinju. Dalam 1 rondenya dibagi menjadi 4 menit Catur, 2 menit tinju dan bergantian catur dan tinju sampai ronde berakhir. Jika mendengar ronde telah berakhir, seorang atlet diperbolehkan beristirahat selama 1 menit saja lalu kembali bermain ke ronde berikutnya. Total waktu untuk permainan ChessBoxing adalah selama 12 menit. Aturan penilaian juri ialah ketika seorang atlet berhasil memenangkan pertandingan hingga KO dan Skakmat. Bisa juga jika seorang atlet terlalu lama memindahkan catur hingga 12 menit lamanya.
Hal-hal yang diperbolehkan selama permainan catur berlangsung ialah seorang atlet bisa memakai HP (Handphone). Alasan mengapa terkadang seorang peserta ingin memakai HP dikarenakan terlalu ramainya sorak sorai penonton yang berkomentar mengenai jalannya catur. Jika dalam perjalanan permainann catur mengalami kebuntuan, seorang peserta berhak menggunakan cabang tinju untuk bisa memenangkan pertandingan. Akan tetapi jika skor yang didapat seri, pihak juri langsung menentukan peserta yang memiliki potongan hitam yang berhak memenangkannya. Sungguh di luar akal anda bukan? Walaupun olahraga ini terkesan unik dan aneh, namun di setiap event yang diperlombakan para pesertanya semakin banyak yang mendaftar. 
cheassboxing ( catur tinju )

cheassboxing ( catur tinju )

2. underwater hockey (hoki air ) 

Adalah Hoki Bawah Air, salah satu olahraga alternatif yang cocok untuk dicoba. Pertama kali didirikan oleh Jakarta Underwater Hockey Club pada Agustus 2010, kini peminat olahraga tersebut semakin meningkat.
Hoki bawah air sendiri merupakan gabungan dari olahraga renang dan hoki. 80 persen olahraga tersebut dilakukan dibawah air. Maka dari itu , kita akan dilatih untuk memiliki kemampuan olah pernapasan yang baik.
Satu lagi dari cabang olahraga air yang mulai banyak diminati, Underwater Hockey atau hoki bawah air. Kini olahraga yang sejarahnya diciptakan oleh Alan Blake dari Southsea Sub-Aqua Club pada tahun 1954 Hoki bawah air sendiri merupakan olahraga perpaduan antara tekhnik dive dan hoki, pemain juga harus memiliki kemampuan dan tekhnik dasar berenang yang baik,ternyata di indonesia sudah ada dan sering melakukan pertandingan di kolam renang di senayan 
underwater hockey (hoki air )

underwater hockey (hoki air )

  3.oil wrestling (gulat minyak )

Olahraga gulat ala Turki ini disebut Oil wrestling karena melibatkan penggunaan minyak dalam jumlah yang mayan banyak ketika bergulat. Para pegulat yang disebut pehlivan memakai semacam celana kulit yang disebut kisbet yang menjadi bagian penting dalam olahraga ini. Para pegulat akan beradu untuk menjatuhkan lawan sebagaimana mestinya dalam olahraga gulat. Tetapi dalam oil wrestling ini, para pegulat akan berusaha menjatuhkan lawannya dengan memasukan tangan mereka ke dalam kisbet lawannya dan menjatuhkannya. Yup... dua pria berlumur minyak akan bergulat sambil saling berusaha memasukan tangan mereka ke dalam celana satu sama lain. Terdengar seperti olahraga yang menyenangkan bukan:)

Yang dilakukan pertama kali tentunya adalah melumuri seluruh tubuh dengan menggunakan minyak. Minyak yang mereka gunakan biasanya adalah olive oil.
Seluruh tubuh harus penuh berbalur minyak sampai mengkilat. Tujuannya tentu agar permainan gulat bisa lebih seru. Biasanya mereka saling meminyaki untuk memperlihatkan rasa hormat antar sesama atlit.
oil wrestling (gulat minyak )

oil wrestling (gulat minyak )


4.bed racing (balap kasur )

Apakah anda berpikir ini lomba yang unik? Yah, biasanya ada lomba balap mobil, sepeda, motor, sapi. Tetapi yang satu ini beda! Daerah wisata Pattaya di Thailand menggelar lomba balap kasur yang diikuti oleh ratusan warga dan wisatawan. Para peserta mendorong kasur yang telah dihias warna-warni untuk menjadi yang pertama mencapai garis finish.
Lomba balap kasur tersebut merupakan ajang tahunan di Pattaya. Hasil yang didapatkan melalui acara tersebut nantinya akan disumbangkan untuk amal.
Acara unik ini dimulai sejak lima tahun yang lalu. Saat itu lomba masih dijalankan secara sederhana dengan menggunakan kasur dari rumah sakit yang memang memiliki roda. Saat ini acara balapan tersebut dilangsungkan dengan lebih meriah dengan para peserta dan kasurnya dihias untuk menarik perhatian pengunjung.
Tahun ini sendiri lomba balap kasur diikuti oleh sekitar 32 tim dengan setiap tim terdiri dari enam peserta. Mereka harus mendorong kasur yang dibawanya sejauh 1,5 kilometer sebelum akhirnya mencapai garis finish.
bed racing (balap kasur )

bed racing (balap kasur )


 5.lomba lari maskot

Apa yang terjadi kalau kuda, burung hantu, monyet, rubah, gorilla, dan bajak laut, ikut lomba lari? Kira-kira siapa pemenangnya, ya? Semua ini cuma ada di Kota Huntingdon, Inggris. Nama acaranya Mascot Race. Yups, para pesertanya adalah orang-orang yang memakai kostum mascot klub-klub terkenal, dari klub sepak bola hingga klub surat kabar.

Banyak cerita seru tentang lomba lari ini. Misalnya, tentang si bajak laut, maskot klub sepak bola Sunderland, yang mencoba curang dengan menghalangi pemain lain. Eh, ternyata dia tetap tertinggal, hihi… Selain lomba lari, ada juga pemenang untuk kategori-kategori unik, misalnya maskot paling jelek.

Acara lomba lari maskot ini diadakan setiap tahun di Huntingdon sejak tahun 1999. Berlari memakai kostum maskot yang berat memang susah, tapi semua tetap bersemangat. Boris si kuda, maskot sebuah lembaga di Inggris, sampai rajin berlatih melompat sebagai persiapan mengikuti lomba ini. Akhirya, kemenangan diraih Wacky Macky Bear, maskot beruang dari klub sepak bola Saffron Walden.

lomba lari maskot

lomba lari maskot

lomba lari maskot

6. Melempar orang cebol
Permainan ini berasal dari Australia, dan mulai digelar untuk pertama kalinya pada tahun 1980-an. Dalam permainan ini, sejumlah orang cebol yang menggunakan pakaian khusus akan dilempar ke arah matras. Siapa yang melempar paling jauh, dialah pemenangnya.
Melihat cara bermain seperti itu, Anda pasti berfikir tidak berperikemanusiaan. Ya, di Australia juga sempat terjadi perdebatan seru. Banyak yang menilai permainan ini terlalu ofensif dan melecehkan orang-orang cebol, sehingga sempat dilarang pemerintah.
Namun, apa yang terjadi? Para pendukung olahraga ini balik memprotes larangan tersebut, karena justru dianggap menghalangi rezeki bagi orang cebol. Celakanya, orang-orang cebol pun mengiyakan kalau rezekinya berlimpah setelah adanya permainan ini. Alhasil, olahraga melempar orang cebol hingga kini terus berlanjut, he… he… aneh juga ya?


7.extreme ironing (setrika extrim ) 
 Pernah menyetrika sambil melakukan kegiatan berbahaya, misalnya sambil memanjat tebing, mengemudi, dll ?

Bila pernah, mungkin anda tidak menyadari jika anda sedang melakukan olahraga EXTREME IRONING. EXTREME IRONING termasuk dalam extreme sport dan performance art dimana para pelakunya membawa papan setrika kemana-mana hanya untuk menyetrika beberapa potong pakaian di tempat-tempat yang berbahaya atau tidak lazim. Beberapa media masa memperdebatkan status EXTREME IRONING sebagai sebuah cabang olahraga. Biasanya olahraga ini dilakukan beregu atau solo.

Sebelum olahraga ini terkenal, olahraga ini dipakai oleh band NEGASONIC TEENAGE WARHEAD dalam video klip sebuah lagunya yang bersal dari album Dopes To Infinity pada tahun 1995.

Olahraga ini pertama kali dilakukan oleh orang yang berasal dari daerah Leicester, East Midland, INGGRIS yang bernama PHIL SHAW, dia melakukan pendakian gunung hanya untuk menyeterika pakaian di atas gunung pada tahun 1997. Setelah itu, SHAW memulai perjalananya keliling dunia untuk memperkenalkan olahraga baru ini. Ia mengunjungi AS, FIJI SELANDIA BARU, AUSTRALIA, dan AFRIKA SELATAN. Pada bulan SEPTEMBER tahun 2002 di MUNICH, JERMAN diadakan lomba serupa. Poinya dapat diperoleh melalui course 1500 meter, skill, situasi yang extreme, serta kecepatan. Hingga saat ini terdapat 5 style dalam menyeterika, yaitu : freestyle, urban, rocky, forest, dan water.

.extreme ironing (setrika extrim )

.extreme ironing (setrika extrim )


BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label

Arsip Blog