Home » , » Bintang ini telah berubah menjadi berlian raksasa

Bintang ini telah berubah menjadi berlian raksasa

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 22.06


Bintang ini telah berubah menjadi berlian raksasa

Merdeka.com - Saat kebanyakan api akan padam saat mendingin, tidak demikian dengan bintang yang satu ini. Saking dinginnya, bola api raksasa ini membentuk kristal seukuran planet. Bagaimana bisa?

Jika Anda menganggap berlian 10 karat sudah cukup besar dan mahal, maka berlian yang satu ini bisa melebihi semua kilauan berlian di bumi, karena memang berlian ini memiliki ukuran yang sama dengan bumi, Daily Mail (24/6).

Berlian raksasa ini sebenarnya adalah sebuah bintang yang tengah memasuki masa white dwarft atau katai putih yang dikenal sebagai masa di mana sebuah bintang memasuki masa akhir hidupnya dengan terus mengecil sebelum akhirnya benar-benar hilang.

Para peneliti dari Universitas Wisconsin menggunakan teleskop dari pusat observatorium (NRAO), untuk menemukan 'perhiasan' angkasa yang terletak di arah konstelasi Aquarius, berjarak 900 tahun cahaya dari bumi. Katai putih tersebut juga diketahui telah berumur sangat tua, sama dengan umur galaksi Bima Sakti kita.

 

Bintang white dwarft yang diberi kode PSR J2222-1037 itu merupakan objek langit pertama yang ditemukan di sistem tata surya tempatnya berada sekarang. Meskipun dianggap telah sangat dingin, suhu dari planet tersebut masih berada pada kisaran 2.700 derajat Celsius. Bandingkan dengan matahari kita yang memiliki suhu 5000 kali dari bintang white dwarft itu.

Peneliti percaya jika perubahan yang cukup radikal tersebut disebabkan oleh pendinginan karbon dan oksigen yang berlangsung miliaran tahun setelah bintang tersebut memasuki masa ledakan sendiri yang biasa dikenal dengan supernova.(Merdeka.com)




BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label