Home » , , » Makanan Sehat Hingga Masa Tua

Makanan Sehat Hingga Masa Tua

Written By Unknown on Senin, 13 Januari 2014 | 21.58


 Makanan Sehat Hingga Masa Tua
Siapa yang tidak ingin sehat sampai usia tua nanti? Setiap orang pasti mendambakan kehidupan berkualitas hingga akhir usia mereka. Menurut penelitian, orang-orang yang mengikuti diet seimbang, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur dapat menikmati hidup lebih panjang dengan tubuh lebih segar bugar. Tips berikut ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan sampai usia tua nanti. Seperti dikutip oleh Times of India, berikut ini adalah makan sehat untuk masa tua yang sehat.


  • Untuk kesehatan tulang
    Konsumsi keju bukan hanya untuk orang-orang muda. Makan keju bisa menjadi investasi awal untuk kesehatan tulang di saat usia lanjut. Keju mengandung kalsium tinggi yang bermanfaat bagi tulang. Untuk itu, tambahkan kalsium dalam menu harian Anda. Atau, konsumsi keju sebagai camilan, tentunya pilihlah yang rendah lemak.
  • Untuk otot
    Pilihlah makanan ringan yang mudah dan cepat dari protein kedelai. Bisa berupa susu atau makanan lain yang mengandung kedelai seperti tahu atau tempe.
  • Untuk kesehatan mata
    Makan makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan indera penglihatan sampai tua. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata. Lutein adalah nutrisi yang terdiri dari karetenoid, bersama dengan zeaxanthin, bagian dari xantophil yang dapat menyehatkan mata. Sumber lutein yang lain bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.
  • Untuk kesehatan jantung
    Orang mungkin tidak tahu bahwa popcorn adalah biji-bijian yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Popcorn juga mengandung serat yang tiga kali lebih besar dari biji bunga matahari, dan memberi Anda rasa kenyang lebih lama.
    Fungsinya juga mampu menyeimbangkan kadar gula darah sehingga bisa menghindari perubahan mood. Popcorn juga dapat menekan kadar LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Faktanya, popcorn memang camilan favorit. Vitamin B yang dikandungnya memberikan tambahan energi. Namun perlu diingat, makan popcorn menjadi berbahaya jika ditambahkan garam atau gula terlalu banyak.
  • Untuk kesehatan otak
    Rajin makan ikan salmon berguna untuk meningkatkan kesehatan otak. Pikiran Anda bisa lebih tajam termasuk ketika sudah mulai tua. Banyak penelitian medis menunjukkan, jenis ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon sangat baik untuk otak. Alasannya adalah karena asam lemak omega-3 dalam ikan berguna bagi kesehatan otak dan fungsi sel saraf untuk meningkatkan memori otak.
Sikap positif dan aktivitas fisik secara teratur juga merupakan kunci untuk mempertahankan kesehatan pada usia berapa pun. Yang akhirnya penting bagi kesehatan di hari tua nanti. Mulailah makan makanan sehat dari sekarang, demi usia tua yang sehat.


BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label