Home » , » 7 Cara Gadget “Merusak” Manusia

7 Cara Gadget “Merusak” Manusia

Written By Unknown on Sabtu, 07 Desember 2013 | 23.20


gadged
Intisari-Online.com - Revolusi komputer dan gadget telah menciptakan cara baru dalam bekerja, berbagi informasi, dan bersenang-senang. Di beberapa bagian, gadget mengambil peran cukup penting terhadap kebutuhan kita. Tapi di sisi lain, perkembangan ini mempunyai potensi “mengancam” lantas menyakit tubuh kita.

WebMD merangkum tujuh langkah teknologi dan gaya hidup yang ditawarkan gadget “menyakiti” kita pelan-pelan.


1. Computer Vision Syndrome

Mata manusia mempunyai batas untuk menatap satu titik untuk kurun waktu berjam-jam. Itulah kenapa muncul yang namanya computer vision syndrom karena terlalu lama berada di depan layar komputer atau smartphone lainnya: kelelahan mata, iritasi, mata merah, penglihatan kabur, dan nyeri di punggung dan leher.

2. Insomnia

Ada kecenderungan, selepas seharian bekerja kita tidak langsung tidur, tapi memainkan game yang ada di gadget kita. Sebuah penelitian menyebutkan, game-game menembak cenderung bisa menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Repetitive stress injuries (RSI)

Gerakan ajeg saat menjalankan mouse atau mengetik di keyboard dapat mengiritasi tendon yang bisa menjalar ke sistem saraf. Sedikitnya setengah jam anda memegang mouse ternyata bisa menyebabkan sakit pada bahu, lengan, dan tangan. Tapi RSI dapat mempengaruhi seluruh tubuh. “Jika Anda memiliki sedikit masalah ini dalam aliran darah, berhati-hatilah, karena ia bisa menjadi racun dalam sel-sel saraf dan sel lainnya,” ujar Mary Barbe dari departemen anatomi dan biologi Temple University.

4. Obesitas

Sebuah pernyataan menohok dilontarkan oleh Jason Mendoza, asisten di Baylore College of Medicine: pada dasarnya, semakin banyak Anda menonton TV, semakin berat badan Anda. Tak hanya terbatas oleh televisi, tapi juga seluruh perangkat yang berkaitan dengan komputer. Mendoza menambahkan, saat liburan, kita tidak pergi berburu atau keluar rumah, melainkan duduk manis di depan layar komputer sembari menghabiskan banyak sekali makanan.

5. Merusak pendengaran

Saat keluar rumah, kita sering memasang alat pendengar yang terhubung dengan gadget, biasanya untuk mendengarkan musik keras. Tak peduli dengan sekelilingnya, padahal, mendengarkan musik melalui headphone dapat meningkatkan resiko gangguan pada pendengaran.

6. Resiko kematian

Kita sering mendengar larangan mengemudi sembari menelepon. David Strayer, psikolog dari Utah University, mengatakan, saat menelepon, pikiran tidak tertuju ke jalan raya. Apalagi jika obrolan terasa mengasikan dan terkadang kita lupa tangan kita sudah terlepas dari kemudi.

7. Asma

Beberapa model printer laser yang ada di kantor bisa menjadi biang keladi penyakit asma. Partikel halus yang dilepaskannya diam-diam bisa masuk ke paru-paru Anda. Tidak semuanya memang—dari 62 printer yang diuji, hanya 17 yang berpotensi—tapi tetap harus waspada dengan segala kemungkinan.

Jadi, segala bentuk kecanggihan terdapat sedikit efek samping. Jika bisa meminimalisirnya, kesehatan kita akan tetap terjaga.



BACA JUGA YANG LAIN

translate

Label